Ijo Royo Royo Gedungku

Sudah saatnya ribuan gedung di Jakarta dipaksa untuk bersolek menggunakan pakaian dari tetumbuhan. Istilah kerennya bio walls.

Selain kota metropolitan ini pelit dengan kawasan hijau, polusi udara beredar dimana -mana, serta sebagian besar wilayah sudah terlanjur diduduki oleh mall - mall berkilau.

Konsep vertical gardens menjulang ke atas bisa menjadi alternatif buat para tanaman tumbuh berkembang bersama wilayah yang sudah sempit dihuni lebih dari 9,5 juta jiwa manusia menurut BPS.

Dalam mempopulerkan gerakan ini, gedung - gedung pemerintahan bisa berinisiatif menjadi proyek percontohannya. Selain karena pihak mereka sering disorot media, juga bisa menjadi brand awarness yang positif untuk lembaganya. Pemerintah seakan terlihat pro dengan program penghijauan. Selain membantu menjernihkan udara, dinding tetumbuhan ini juga dapat membuat sejuk ruangan di dalamnya. Bayangkan saja jika kita ke kantor kelurahan buat ngurus KTP, sambil antri bisa menikmati hawa segar. Bagaimana kalau seluruh tembok Istana Presiden disulap menjadi rimbun. Setiap bulan kita bisa menikmati mekarnya ragam bunga dan serbuan kupu - kupu warna warni.

Indah bukan jika konsep ini dilaksanakan seperti foto di atas yang saya ambil ketika berada di London. Gedung itu seolah bernyawa, menghirup udara kotor dan menggantikannya dengan yang bersih. 

Amboyyyyy.

1 comment: