Mempresentasikan Aura Fajar Pagi Di Depan Klien

Ceritanya sekitar tahun 2003, saya ditawarin oleh pihak Sony Music untuk membuat video klip single ke duanya Boomerang berjudul Fajar Pagi.

Saya paling ndak minat menonton video klip milik musisi dengan konsep yang template banget. Artisnya pura - pura nyanyi sambil gonjreng - gojreng, terus ada model cantik dan cakep pose manis manja atau pura - pura bertengkar.

Nah gayung bersambut. Seluruh personil Boomerang juga memiliki antusias yang sama. Kepingin bikin video klip yang beda.

Sejak pertama kali saya mendengarkan lagu Fajar Pagi, hati ini sudah jatuh cinta dengan nada dan liriknya. Rasanya sejuk menenangkan.

Akhirnya, yang saya bayangkan adalah permainan warna. Dari gelap ke terang. Dari biru tua ke jingga terang. Dari tidak ada menjadi ada.

Kesimpulannya, saya ingin menvisualkan Aura!

Lah terus gimana cara menjelaskan konsep itu ke pihak Sony Music dan Boomerang ? Sepertinya mendeskripsikan Aura melalui ocehan akan buang - buang waktu.

Di sinilah fungsi presentasi visual berguna. Konsep storyboard lengkap dengan warna dan tampilan special fx, saya siapkan dengan Sotosop. Imajinasi di otak cukup bisa terwakilkan melalui digital imaging yang saya buat.
Walaupun semua ini dikerjakan cukup tergesa - gesa, maklum, klien memberi deadline seperti rok mini… mepet! :)

Di bawah ini adalah file asli storyboard merangkap konsep visual untuk video klip Fajar Pagi yang saya buat itu... :

Saya pun sebetulnya ragu, apakah mereka "ngeh" dengan konsep visual yang saya ajukan, atau karena sudah mepet waktunya yo wes bablas aja ? Dari goyangan kepala sih pihak Boomerang dan Sony Music tampak mengangguk - angguk tanda paham…. mmm atau pura - pura ngerti padahal nggak ? He he..

Ah sudahlah yang penting idealisme saya tersalurkan. Konsep video klip tanpa mengandalkan model cantik dan ganteng bisa saya eksekusi, karena nada dan irama dari lagu ini sudah ganteng!

Berikut ini video klip yang saya compositing-in, editing-in dan sutradarai :)

3 comments:

  1. keren mas. pengen deh bisa kaya mas. karyanya dipake ama orang2 diluar :)

    ReplyDelete
  2. ka wahyu aditya, aku mau nanya, kalo sekolah seni kaka itu namanya apa ya? terus tempatnya di mana? ada cabang di bandung gak? terus aku mau minta followbacknya dong di twitter @hanifauziyah aku pingin nanya nanya lewat DM. berharap dijawab. makasih...

    ReplyDelete
  3. Though this post is in a different language and I cant understand anything, the pictures look amazing. My favourite is the first and second one.

    ReplyDelete