Demi Belanda, Melahap Haring!

"Kalian harus makan Haring!" Ungkap Mbak Wati Chaeron, ibu asli Jogjakarta lama tinggal di Den Haag Belanda yang menyediakan couchsurfing (menginap di tempat seadanya) bagi kami di rumahnya.

"Haring? Apaan tuh Mbak?" tanya saya sambil berharap sebuah makanan yang hangat dihiasi dengan keju meleleh.

"Sudahhh, pokoknya kalau kalian belum makan Haring, berarti belum merasakan Belanda sebenarnya!" Paksa Mbak Wati sambil menggiring kami ke sebuah kios berwarna biru.

Tampak gerombolan bule sedang asyik terbahak - bahak sambil badan menggeliat -nggeliat kayak Inul masih muda. Sepertinya mereka makan sambil geli. "Aahhh..jangan - jangan mereka makan Haring!" batin saya.
Butuh merogoh kocek sekitar Rp 30.000 an untuk satu makanan Haring
Ternyata dugaan saya benar! Terlihat fillet ikan mentah berukuran panjang sekitar 20 cm diselimuti bawang berukuran dadu di tangan beberapa orang turis di depan kami.

Wah, imajinasi saya tentang Haring berupa makanan hangat ala junk food sirna. Haring (Herring) adalah ikan kecil yang biasa di dapat di laut selatan dan laut timur dekat Denmark dimana telah menjadi sebuah tradisi sejak 600 tahun lalu memakannya dengan cara langsung dilahap mentah - mentah.

Konsepnya kurang lebih seperti Sashimi di Jepang, namun bedanya cara penyajiannya jika Sashimi tampak indah dan imut - imut pemotongannya, Haring hanya menghilangkan duri serta kepala tanpa presentasi yang menarik.
Benar - benar seperti ikan masih hidup tanpa kepala yang ditimbun bawang putih
Teknik memakan Haring juga cukup menarik. Kepala menengok keatas sambil menunggu jari kita menggiring ke mulut dengan memegang ekornya. Idealnya dalam satu kali lahap untuk menikmatinya.

Hmmmmm, rasanya sih geli - geli berlendir. Rasa bawang cukup meredakan sedikit kesan amis di mulut. Istri saya @helloarie yang favorit memakan Sashimi saja langsung ilfill, kapok untuk menelan kedua kalinya.

Saya nggak tahu komentar Pak Bondan merasakan Haring, mungkin dia akan berkata "Makkk...Nyuu...suuuuu waeee!" (Ibu, Minta Minum Susuuu Ajaa!)

Kiri : Saya dengan wajah antusias siap memakan Haring! Kanan : istri saya, @helloarie memperlihatkan wajah pasrah

Kiri : Hmmmm kok kayaknya menggelikan ya... (makin ragu), Kanan : @helloarie seperti tidak ada pilihan lain untuk menelannya.

Kiri : Haapppp!!! Ikan Paus memakan ikan Haring! Brrrrr Nekat!!, Kanan : @helloarie masih berjuang keras melawan kejijikannya.

No comments:

Post a Comment