Mereka Tidak Kreatif Dalam Urusan Sarapan Sir!

Piring putih itu terisi oleh scramble eggs, hash brown, sosis babi dan ayam, bacon, tomat panggang, kacang manis, jamur dan darah beku. Hidangan ini mereka beri nama Full English Breakfast. Hanya cocok tampil untuk dinikmati ketika saat sarapan. Makin pas jika ditemani oleh teh panas atau kopi. Sebuah santapan khas dari Inggris Raya.

Tetapi berbeda rasanya jika menu tersebut tersaji setiap pagi dan berhari - hari di hotel yang saya inapi. Mblenek* akan menjadi nama tengah saya. (*Bahasa Jawa : Rasa bosan pingin muntah).
Awalnya saya merasa hotel yang saya sewa kebetulan tidak punya chef kreatif, menu yang ditawarkan ya Full English Breakfast setiap paginya. Rupanya hal tersebut bukan kebetulan, tetapi kesengajaan dari kaum chef di Inggris.

Kebetulan saya sudah 5 kali mengunjungi ke berbagai kota di negara Inggris, mulai dari London, Wales, Bristol, Oxford hingga Manchester. Bermacam - macam tempat penginapan sudah saya tiduri, dari hotel bintang 5, hotel kuno, hotel modern, hotel murah, hingga dormitory (1 kamar untuk rame - rame dengan orang lain). Ternyata menu sarapannya sama semua! Full English Breakfast! Bah!

Saya curiga, sepertinya ada sindikat penguasa alur distribusi menu sarapan. Semacam mafia yang memastikan bahwa seluruh hotel harus,makan English Breakfast. Ha ha..
Di sisi lain, kejadian ini sudah selayaknya dilaporkan ke Kementerian Ekonomi Kreatif di sana. "Pak, menu di hotel sampeyan ndak kreatif blasss!" Tulis saya suatu saat nanti :)

Harap maklum, saya sebagai orang Indonesia terbiasa dengan sarapan yang variatif kalo bisa setiap 2-3 hari ganti menu. Lemper, nasi kuning, pecel, bubur, rawon, tahu sumedang, roti cokelat, onde - onde, soto, indomie, mie sedap, sarimi, you name it lah.

Dalam masalah persarapan, saya kira kita harus bangga bahwa hotel - hotel di Indonesia lebih juara. Kita jauuuh lebih kreatif tentang variasi menu dibandingkan hotel di Inggris. Layak mendapat medali emas di olympiade London kategori sarapan pagi.

Selamat!

1 comment:

  1. Iya lah... Indonesia memang juaranya itu terbukti klo "Rendang" masuk dalam makanan terenak didunia, :D

    ReplyDelete