Arigato Mas Ito


Facebook Message mendadak menotifikasi pesan baru dari mobile phone saya, "Halo Adit, saya akan berkunjung ke Distromu lagi". Berita itu datang dari teman saya yang berasal dari Jepang, Masatsugu Ito.

Perkenalan pertama terjadi ketika KAJI (Komunitas Alumni Jepang Indonesia) sebuah komunitas masyarakat Indonesia yang pernah bersekolah atau bekerja di Jepang, memboyong Ito ke kantor saya untuk menjalin networking.

Bisnis utama pria yang sepertinya berumur kepala dua ini adalah export gadget second ke Amerika dan Eropa, namun disela waktu senggang, Ito juga mengelola pages Facebook bernama Japan4You. Jumlah pengunjung yang nge"like" sejumlah 100 ribu orang. Nah menariknya 50 ribu orang tersebut berasal dari Indonesia.

Ito menjadi penasaran atas fenomena itu, sehingga dia rela merogoh kocek sendiri untuk berangkat ke negeri kita, mempelajari dan mempelajari, ada apa dengan Indonesia ?

Saya cukup salut dengan kengototan Ito, bayangkan sudah lima kali dia bolak balik Jakarta Tokyo, dan yang membuat saya senang adalah setiap kali tiba di Jakarta, dia selalu mampir untuk memborong kaos KDRI , he he (Alhamdulillah).

Kali ini dia datang ke Jakarta dengan agenda besar. Membuat gathering untuk mengumpulkan pengikut Japan4You di Indonesia. Sebuah acara tatap muka dan kulo nuwun antara admin dengan pengikutnya.

Ito mendatangi distro saya bersama teman - teman Jepangnya di daerah Tebet untuk memilih kaos yang cocok dipakai di hajatan besarnya. Kaos bergambar Soekarno Hatta akhirnya terpilih menemani acara Japan4You yang diselenggarakan esok harinya.

Rasa gelisah terpancar di wajahnya. Kemungkinan besar dia sedang memikirkan hiruk pikuk persiapan acaranya yang akan diselenggarakan di Kemang 28. Saya bisa memaklumi, pastinya susah dan bikin deg-deg an ketika orang asing membuat event di negeri lain dalam waktu yang terbatas karena kendala jarak.

Esoknya menjelang sore, saya menyempatkan diri untuk menengok acara Japan4You. Tampak puluhan orang duduk menikmati band indie lokal menyanyikan lagu - lagu populer Jepang. Ito tampak sumringah menyambut dan menyapa komunitasnya.

Walaupun pengunjung yang datang tidak sesuai ekspektasinya,  Ito tetap senang dengan lancarnya event ini. Bahkan dia sudah berangan - angan merancang bisnis di ibu kota kita.

"Dalam waktu dekat ini saya akan sering ke Jakarta. Saya ingin membuka kantor di Jakarta, mohon bantuannya Adit-san" ujarnya dengan tatapan penuh harap. Sorotan lampu kamera dari tv lokal untuk wawancara akhirnya menggiring Ito untuk melanjutkan kesibukannya.

Masatsugu Ito, buat saya adalah contoh sosok anak muda Jepang yang penuh ambisi. Membuat otak ini penasaran menunggu progress yang sudah dan akan ia bangun di Indonesia. Aah, minimal Ito sudah membangun lemarinya dengan koleksi kaos KDRI.

Arigatoo

1 comment: