Peduli Pemakai Eskalator


Pernah sebel ketika kalian ingin berjalan buru buru melalui eskalator namun terhadang 2 orang yang asyik ngobrol sehingga membuang waktu kalian ?

Hal ini tidak akan terjadi kalau masyarakat kita sudah terbiasa dididik untuk tidak egois dalam penggunaan ruang eskalator. Harusnya diatur bagi individu yang sedang nyantai bisa berdiri di lajur kanan, buat yang terburu buru bisa gunakan lajur kiri.

Sudah banyak masyarakat di negara lain seperti Jepang atau Inggris melakukan hal simpel ini sebagai bagian dari budaya mereka.

Langkah mudah yang mungkin bisa kita mulai adalah dengan sosialisasi melalui poster atau media visual lainnya. Pemaparan konsep berbagi ruang eskalator sejak SD juga efektif untuk dilakukan.

Kebayang kan kalau lagi kebelet pipis terus toiletnya di lantai atas ? Jalan satu satunya hanya lewat eskalator yang terhadang 2 orang sedang heboh membawa tas belanjaan?

Rasa sungkan campur rempong biasanya muncul. Antara kita musti ngalah, atau orang di depan kita sibuk pindah cari celah kosong, atau memang tidak bisa berbuat apa apa karena seluruh eskalator sudah dikuasai orang - orang yang tidak sedang kebelet pipis.

Nasib.

No comments:

Post a Comment